logo
BatikMarkets   Batik - Traditional Indonesian Textile
      Metode Pembayaran
 Pembayaran dengan BCA
 Pembayaran dengan BRI
 Pembayaran dengan Mandiri
     
Sabtu, 22 Nop 2014
   
 
Pilihan Bahasa
 
 
 
   
Informasi
 
Kategori Produk
 
 
Hem Batik
Kemeja Batik
Blus Lengan Pendek
Blus Lengan Panjang
Blus Lengan 3/4
Sarimbit
Kain Batik 2 Meter
Kain Batik 4 Meter
Serat Nanas
Seprei Batik
Taplak Meja Batik
Sarung Batik
Selendang Batik
Set Pangko
Jilbab
 
     
I n f o r m a s i
Sejarah Batik Indonesia  
Tips dan Trik Merawat Batik  
Pekalongan Kota Batik  
Klien Kami  
Sitemap  
FAQ  
Link Support  
     

tas belanja

Call / SMS
0815-1930-4044

Pin BB
24C6A003


LINE / WhatsApp
+62-815-1930-4044


Email


   Yahoo Messenger
YM Aswankepritan

Search by  Google
  

 

 

Pertanyaan Yang Sering Muncul

 

  1. Bagaimana cara membuat batik ?
  2. Apa perbedaan Batik Pekalongan dengan batik daerah lain, misalnya Batik Solo atau Batik Yogyakarta ?
  3. Dapatkah kami yang bukan berprofesi sebagai pembatik membuat batik ?
  4. Berapakah jenis Batik Pekalongan itu sebenarnya ?
  5. Apakah produk yang ditawarkan BatikMarkets adalah produk sendiri ?
  6. Apakah ada minimal pembelian di Batikmarkets.com ?
  7. Apakah barang pesanan bisa dikirimkan terlebih dahulu sebelum transfer dananya masuk ?
  8. Apakah saya dapat berbelanja dengan kartu kredit ?
  9. Saya ingin pesan seragam batik, bagaimana prosedur pemesanannya ?
  10. Apakah pembayaran untuk pemesanan seragam batik dapat dilakukan setelah kami menerima barangnya ?


  1. Bagaimana cara membuat batik ?

    Untuk membuat batik, peralatan yang diperlukan adalah : kain mori (bisa terbuat dari sutra, katun atau campuran kain polyester), pensil untuk membuat desain batik, canting yang terbuat dari bambu, berkepala tembaga serta bercerat atau bermulut, canting ini berfungsi seperti sebuah pulpen. Canting dipakai untuk menyendok lilin cair yang panas, yang dipakai sebagai bahan penutup atau pelindung terhadap zat warna. gawangan (tempat untuk menyampirkan kain), lilin, panci dan kompor kecil untuk memanaskan.

    Langkah - langkahnya adalah sebagai berikut :
    1. Langkah pertama kita membuat desain batik diatas kain mori dengan pensil atau biasa disebut molani. Dalam penentuan motif, biasanya tiap orang memiliki selera berbeda-beda. Ada yang lebih suka untuk membuat motif sendiri, namun yang lain lebih memilih untuk mengikuti motif-motif umum yang telah ada.


    2. Langkah kedua adalah menggunakan canting yang telah berisi lilin cair untuk melapisi motif yang diinginkan. Tujuannya adalah supaya saat pencelupan bahan kedalam larutan pewarna, bagian yang diberi lapisan lilin tidak terkena. Setelah lilin cukup kering, celupkan kain ke dalam larutan pewarna.


    3. Proses terakhir adalah nglorot, dimana kain yang telah berubah warna direbus dengan air panas. Tujuannya adalah untuk menghilangkan lapisan lilin, sehingga motif yang telah digambar sebelumnya terlihat jelas. Anda tidak perlu kuatir, pencelupan ini tidak akan membuat motif yang telah Anda gambar terkena warna, karena bagian atas kain tersebut masih diselimuti lapisan tipis (lilin tidak sepenuhnya luntur).

    Maka hasilnya adalah kain batik yang dikenal dengan kain batik tulis. Penamaan itu diberikan, karena disamping batik tulis, ada juga batik cap, batik printing, batik painting dan sablon.


  2. Apa perbedaan Batik Pekalongan dengan batik daerah lain, misalnya Batik Solo atau Batik Yogyakarta ?

    Batik Pekalongan yang sering dikenal dengan batik pesisiran mempunyai karakter dinamis dan kaya warna, sehingga Batik Pekalongan lebih mudah dirancang menjadi berbagai jenis sandang yang tidak hanya cocok untuk acara resepsi, tapi juga untuk seragam batik antara lain untuk sekolah, organisasi, perkantoran, acara hiburan, dan lain-lain. Dalam menentukan bentuk motif lebih bebas dan tidak terpaku pakem, dan biasanya dihubungkan dengan kondisi sosial kultural masyarakat Pekalongan.

    Sedangkan Batik Solo maupun Yogyakarta yang sering dikenal dengan Batik Mataram itu sangat sederhana dalam pewarnaan. Warna yang sering dipakai adalah biru, kuning muda dan putih. Motif Batik Solo maupun Yogyakarta banyak mengandung arti filosofi dan sarat dengan makna kehidupan.

  3. Dapatkah kami yang bukan berprofesi sebagai pembatik membuat batik ?

    Siapapun bisa membuat batik asal tahu caranya dan punya kemauan. Anda pun bisa membuat kain tradisional khas Indonesia tersebut dengan tidak kalah bagusnya. ( lihat cara buat batik ).

  4. Berapakah jenis Batik Pekalongan itu sebenarnya ?

    Pengelompokan Batik Pekalongan berdasarkan metode pembuatannya adalah sebagai berikut :
    1. Batik tulis
      yaitu batik yang motifnya dibentuk dengan tangan, yaitu digambar dengan pensil dan canting untuk penutup atau pelindung terhadap zat warna (lihat cara membuat batik tulis).

    2. Batik cap
      yaitu batik yang pembuatan motifnya menggunakan stempel. Cap ini biasanya terbuat dari tembaga yang telah digambar pola dan dibubuhi malam (cairan lilin panas).

    3. Batik sablon
      yaitu batik yang motifnya dicetak dengan klise / hand print.

    4. Batik painting
      yaitu batik yang dibuat tanpa pola, tetapi langsung meramu warna di atas kain.

    5. Batik printing
      yaitu batik yang penggambarannya menggunakan mesin. Jenis batik ini dapat diproduksi dalam jumlah besar karena menggunakan mesin modern. Kemunculan batik printing dipertanyakan oleh beberapa seniman dan pengrajin batik karena dianggap merusak tatanan dalam seni batik, sehingga mereka lebih suka menyebutnya kain bermotif batik.

  5. Apakah produk yang ditawarkan BatikMarkets adalah produk sendiri ?

    Sebagaimana layaknya sebuah toko, maka kami juga menerima atau menampung batik dari para pengrajin. Pemasok kami adalah saudara, teman, tetangga dan masyarakat yang tinggal di lingkungan kami (Pekalongan), untuk selanjutnya kami pasarkan secara online di BatikMarkets.com ini (lihat Tentang Kami).

  6. Apakah ada minimal pembelian di Batikmarkets.com ?


  7. Tidak ada, kecuali untuk pemesanan seragam batik, seperti seragam batik untuk perkantoran, keperluan perhotelan, sekolah, organisasi, partai politik dan lain-lain. Minimal pemesanan adalah 1 kodi atau 20 pcs. jika motif dari kami dan 200 pcs jika motif dari pemesan, silahkan kunjungi halaman pemesanan seragam batik untuk melihat ketentuan pemesanan dan contoh motif batik.
  8. Apakah barang pesanan bisa dikirimkan terlebih dahulu sebelum transfer dananya masuk ?


  9. Maaf tidak bisa. Demi kenyamanan kita bersama, kami hanya akan mengirimkan barang pesanan Anda segera setelah transfer dana masuk ke rekening kami. (lihat Perjanjian Transaksi, point B butir 8 & 9)

  10. Apakah saya dapat berbelanja dengan kartu kredit ?


  11. Ya..., selain BCA dan Western Union, kami juga menerima pembayaran dengan kartu kredit (Visa, MasterCard, American Express, Discover) dengan fasilitas PayPal. Cara ini lebih aman karena Anda tidak menyimpan kartu kredit di tempat kami melainkan hanya di PayPal. Jika Anda belum mempunyai account PayPal, silahkan mendaftar ke website PayPal dan pendaftaran ini bersifat gratis. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi halaman Metode Pembayaran

  12. Saya ingin pesan seragam batik, bagaimana prosedur pemesanannya ?


  13. Untuk pemesanan seragam batik di Batikmarkets sebenarnya cukup mudah, yaitu :

    1. Pertama, silahkan tentukan motif yang Anda inginkan. Jika motif dari kami maka minimal pemesanan adalah 20 pcs, namun jika motif dari pemesanan minimal pemesanan 200 pcs. Khusus bagi Anda yang pesan seragam batik lebih dari 500 pcs maka kami memberikan biaya pengiriman Rp 0 (bebas biaya pengiriman).

    2. Kedua, silahkan hubungi kami via email atau sms atau telepon langsung untuk menentukan jenis bahan, harga, dan lain-lainnya.

  14. Apakah pembayaran untuk pemesanan seragam batik dapat dilakukan setelah kami menerima barangnya ?


  15. Maaf tidak bisa. Demi kenyamanan kita bersama, kami hanya akan mengirimkan barang pesanan Anda apabila pembayaran sudah lunas atau saat barang siap dikirimkan. (lihat Perjanjian Transaksi, point B butir 8 & 9).



Anda punya pertanyaan atau ingin menyumbangkan artikel yang berhubungan dengan seni batik, silahkan kirim ke , dengan senang hati kami akan menampilkannya di situs ini.

 NO SPAM !
Copyrights 2007 -  2014 BatikMarkets.com
 Quaranteed 100%